4 Kiat Menghemat Pengeluaran


15 Juni 2018 Facebook Twitter LinkedIn Google+ Uncategorized



Hal tersulit dalam menghemat pengeluaran adalah MEMULAI. Memang tidak mudah untuk menemukan cara yang cocok atau dengan kondisi kita, karena setiap orang mempunyai kondisi finansial yang berbeda-beda. Sebagai permulaan, kami mencoba menyajikan 8 langkah mudah yang bisa dicoba.

1. Catat pengeluaranmu

Langkah pertama dan yang paling penting adalah mengetahui seberaba besar pengeluaran kita setiap bulannya. Untuk mengetahuinya, satu-satunya cara ada lah mencatatnya. Semakin detail semakin baik. Setelah dicatat, kelompokkan pengeluarannya, misalnya bensin dan parkir dan biaya tol masuk dalam kategori transportasi. Pulsa dan data masuk dalam kategori kominukasi, dll. Setelah dikelompokkan, maka akan lebih mudah mengetahui mana pengeluaran terbesar dan mana yang harus dihemat.

2. Buat anggaran pengeluaran

Setelah mengetahui besar pengeluaran masing-masing kategori, saatnya menentukan anggaran perkategori. Misalnya pulsa/data, kalau sebelumnya mungkin Rp200.000/bulan, coba kurangkan menjadi Rp150.000.

3. Buat target yang harus ditabung.

Setelah menbuat anggaran, saatnya menentukan porsi yang akan disimpan. Misalnya 10% atau 15% dari pendapatan. Kalau masih tidak bisa dicapai, mungkin ada anggaran yang masih perlu dipangkas.

4. Tentukan impianmu.

Impian atau cita-cita dapat menjadi motivasi supaya kita lebih gigih menabung. Tentukan impianmu, misalnya ingim membeli rumah 5 tahun lagi, atau ingin jalan-jalan ke Eropa 1 tahun lagi.

Komentar